Minggu, 26 Juni 2011

ABOUT TEKNIK SIPIL (Civil Enggeneering)

coretan singkat ini saya dedikasikan untuk calon mahasiswa baru yang ingin ambil jurusan teknik sipil.


A. Persiapan Pra-Kuliah

awal saya memilih teknik sipil sebagai disiplin akademik tahun 2005 karena hoby saya dengan gambar-gambar. disamping itu, waktu SMA saya memang sangat suka dengan hitungan. bagiku dua point yaitu suka gambar dan perhitungan (suka menghitung) adalah salah satu modal dasar untuk bergelut didunia ke-tehnik sipilan. sehingga proses untuk menggeluti dunia sipil kemudian bisa dinikmati dan dijalani dengan nyaman. namun dua hal tersebut tidak mutlak, karena memang dalam beberapa kasus tertentu butuh kerja keras dan usaha latihan untuk bisa lebih matang. itu mungkin tahap awal untuk sukses menjalani proses pembelajaran akademik dijurusan teknik sipil.


B. Proses Perkuliahan

secara garis besar, materi perkuliahan teknik sipil bisa dikategori sebagai berikut, seperti Analisis struktur (mekanika rekayasa), Irigasi, jalan raya (transportasi), Gedung bertingkat, dan ilmu tanah.

Analisis Struktur adalah mata kuliah yang sangat penting diteknik sipil. bisa dibilang mata kuliah ini adalah Tulang Punggung Teknik Sipil. hal ini dikarenakan hampir semua bangunan konstruksi melalui tahap analisis struktur bangunan, baik itu bangunan air maupun bangunan gedung dan jalan raya. analisis struktur adalah mencari keseimbangan bangunan terhadap gaya-gaya yang bekerja pada struktur bangunan. ada banyak metode yang digunakan sesuai karakteristik bangunan maupun geometrinya. untuk turunan aplikasi nya bisa diterapkan pada struktur rangka baja, struktur beton bertulang, maupun struktur kayu.

Irigasi adalah mata kuliah yang berhubungan dengan seluk beluk bangunan air, seperti Bendungan, cek dam, saluran drainase, pengolahan limbah, dll.

Jalan Raya adalah mata kuliah yang berhubungan dengan Perencanaan dan perancangan jalan raya. dari perkerasan jalan, geometri jalan, serta perangkat bangunan pendukung jalan raya.

Transportasi adlah mata kuliah yang berhubungan dengan aktivitas transportasi lalulintas, seperti perencanaan Lampu merah atau Light traffic, managemen parkiran, managemen angkutan umum, dll. semua itu bertujuan untuk memperlancar aktivitas lalulintas. transportasi juga bisa berhubungan dengan jembatan, maupun pelabuhan (transportasi laut), dan bandara.

Gedung Bertingkat adalah mata kuliah yang sifatnya aplikatif, yaitu perencanaan. kenapa saya bilang aplikatif, karena disinilah kita menggabungkan beberapa mata kuliah seperti beton bertulang, rangka baja, managemen proyek, managemen peralatan konstruksi, analisis struktur, pondasi dan ilmu tanah.


menjalani perkuliahan teknik sipil, tidaklah sama dengan disiplin ilmu eksata maupun non eksata. teknik sipil mempunyai ciri khas tersendiri yang membedakanya dengan disiplin ilmu lainnya. mungkin sudah menjadi rahasia umum bahwa teknik sipil sangat syarat dengan "angka-angka" yang bikin pusing kepala. hehehhe (pantesan aja banyak yang kabur).. namun bagiku itulah ciri khas teknik sipil, disatu sisisecara teoritis membiasakan kita dengan study kasus analisis dan lebih matang dalam logika matematik. disisi lain, berhubungan dengan angka-angka seperti itu mempunyai manfaat praktis dalam kehidupan, yaitu penguatan secara mentalitas. hal ini disebabkan kebiasaan menahan beban pikiran (analisis matematic) sehingga penerapan dipraktik kehidupan membuat kita terbiasa dengan proses berpikir.


C. Pasca Kuliah

prospek lapangan kerja untuk sarjana teknik sipil cukup luas. kalau ingin jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) banyak instansi yang membutuhkan tenaga teknik sipil. seperti dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, Dinas Tata Kota, Dll. .. jika ingin bekerja di perusahan swasta, ini banyak sekali yang membutuhkan tenaga teknik sipil, seperti konsultan, kontraktor, perusahan pertambangan,perusahan perbankan, dll. namun bagiku tidak cukup disitu, mengingat sarjana teknik sipil tidak sedikit, berarti kita punya banyak kompetitor yang jadi saingan kita. menurut aku, belajar yang giat, dan bekerja keras menjadi kunci keberhasilan. namun terlepas dari itu, keberhasilan adalah masalah nasib. biasanya yang sukses adalah "anak orang kaya" , "anak pejabat", "orang yang banyak teman (jaringan)". oleh karena itu, jika kamu bukan anak pejabat, dan bukan anak orang kaya, hendaklah perbanyak teman atau jaringan.. karena teman adalah aset berharga dikemudian hari.


GOOD LUCK !!!!!!!!!!!!!!!!!!


By Ary Toteles ( 27 juni 2011)

0 komentar:

Posting Komentar