Senin, 21 Mei 2012

Mitos Prambanan Vs Realitas Ark Hotel


Latar Belakang
Candi Prambanan (Indonesia)
Dalam dunia konstruksi, standar waktu pelaksanaan pekerjaan bangunan konstruksi dapat diselesaikan dalam waktu (minimal ) 3 bulan. Hal ini mungkin diakibatkan oleh metode pelaksanaan masih menggunakan alat-alat konvesional serta material bangunan baru dirakit atau rancang ditempat. Sehingga dalam tahap atau jadwal lekasnaan pekerjaan, perlu menunggu pekerjaan-pekerjaan lain terselesaikan dan baru akan dilanjutkan dengan pekerjaan berikutnya.
selain itu, ada juga  proyek-proyek berdurasi panjang seperti pembangunan Hotel bertingkat banyak atau jembatan Layang (fly over) dan sebagainya. Pada pekerjaan tersebut, biasanya Item pekerjaan yang dilaksanakan cukup banyak dan membutuhkan biaya begitu besar. Sehingga dalam pelaksanaannya, sudah tentu memakan waktu yang lama.
Seiring perkembangan teknologi, ditahun abad 21 dunia diguncangkan negeri cina. Salah satu perusahan kontraktor dicina mampu membanguan Hotel 30 lantai dengan durasi 15 hari. Jika menggunakan parameter “teknologi Indonesia”, hal itu rasanya snagat tidak mungkin (NB : bukan mengejek tapi jujur pada realita. Hihi). Tetapi faktanya banguan tersebut sudah berdiri utuh dan pekerjaan tersebut berkategori beresiko tinggi, namun dalam proses pelaksanaan tidak ada sama sekali memakan korban. Bias dibilang pelaksanaan tersebut sangat berhasil.
Ark Hotel (Cina)
Banyak pemberitaan dimedia massa Indonesia yang mengumbar terkait terobosan tersebut. Hal ini mengindikasikan bahwa pelaksanaan tersebut membuat masyarakat Indonesia terpukau (heran bin Salut).  Tetapi patut diingat bagi para praktisi di dunia konstruksi bahwa Indonesia masih punya satu misteri yaitu Mitos pembangunan Candi Prambanan. Konon pada abad IX M, candi prambanan yang berjumlah 999 buah candi dibanguan selama 1 hari. Namun yang bias terlihat hari ini hanya sekitar 240 buah candi yang masih berdiri.
Secara teoritis, jika mengacu pada keilmuan-keilmuan konstruksi, maka Mitos prambanan akan ditolak. Akal sehat manusia modern tidak akan sanggup menerima Mitos bahwa 240 buah candi prambanan dibangun dalam 1 hari.
kita perlu sadari bahwa mitos-mitos proyek beresiko tinggi yang dilaksanakan dengan durasi Pendek (kurang dari 1 bulan) sudah terpecahkan hari ini. Gedung 30 lantai saja sanggup dikerjakan dalam waktu 15 hari. Lantas bagaimana dengan prambanan? Apakah prambanan masih menyisahkan mitos? Jika dicina 15 hari, apakah masih ada kemungkinan untuk kita mengakui pembangunan prambanan dalam waktu 1 hari??. Oleh karena itu, saya ingin membandingkan Bagaimana pelaksanaan Proyek “Ark Hotel dengan Candi Prambanan”.

TO BE CONTINUE………… Next Time

0 komentar:

Posting Komentar